Tuesday, July 21, 2015

Pola Candlestick Double - Legenda Pasangan Tanabata yang Sehati

Dahulu kala ada pasangan yang hidup rukun dan penuh cinta, yang mendapat kutukan terpisah seumur karena melalaikan tugasnya. Namun karena hati mereka yang selalu terpaut, para dewa akhirnya mengijinkan mereka untuk bertemu satu kali dalam satu tahun, yakni pada perayaan Tanabata yang jatuh pada tanggal tujuh bulan ketujuh.

tanabata

Nah, pasangan yang sehati juga muncul dalam grafik candlestick Jepang. Bedanya, kita tidak perlu menunggu setahun sekali untuk melihat mereka bertemu. Dan sekalinya bertemu, pasangan candlestick ini bisa membuat kita membuat perayaan dalam arti sebenarnya!

Engulfing Candle

Pola Bullish Engulfing adalah pola dua candle yang menandakan kemungkinan terjadinya kenaikan harga yang kuat. Hal ini terjadi ketika candle bearish yang segera diikuti oleh candle bullish yang lebih besar. Kemunculan candle kedua tersebutlah yang "menelan" (engulfs) candle bearish. Yang berarti buyer sedang mengasah pedangnya dan bersiap menyambut kenaikan harga setelah down-trend atau periode konsolidasi harga.

Sementara itu, Pola Engulfing Bearish adalah kebalikan dari pola bullish. Pola jenis candle ini muncul ketika candle bullish segera diikuti oleh candle bearish yang "menelannya". Ini menandakan seller berkuasa terhadap buyer dan penurunan harga dapat terjadi kapanpun.

bullish bearish engulfing

Tweezer Bottom Dan Top

Tweezer adalah duo candlestick dengan pola reversal. Jenis pola candlestick ini biasanya muncul setelah up-trend atau down-trend yang berkepanjangan, mengindikasikan bahwa reversal akan segera terjadi.

tweezer bottom

Nah, coba kita lihat bagaimana formasi candlestick terlihat seperti Kengyu (Bintang Altair) dan Orihime (Bintang Vega), sepasang Candle Tweezer.

tweezer top

Oke, setelah memahami apa dan bagaimana Tweezer Candle terbentuk, sekarang saatnya kita mengenal lebih jauh duo candle yang sehati ini. Tweezer paling efektif memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Candle pertama serupa dengan trend secara umum. Jika harga bergerak naik, maka candle pertama menunjukkan pergerakan bullish.
  2. Candle kedua kebalikan dari trend umum. Jika harga bergerak naik, maka candle kedua menunjukkan pergerakan bearish.
  3. Shadow (bayangan) kedua candle semestinya memiliki panjang yang sama. Tweezer Top seharusnya memiliki rata-rata tinggi yang sama, begitu pula dengan Tweezer Bottom.

1 comment:

  1. Indikator teknikal memang sangat baik dan bisa kita gunakan untuk melakukan analisa trading. teknik analisa trading sangatlah banyak dan beragam sehingga kita harus bisa memilih dengan tepat. kalau saya sekarang menggunakan teknik support resistan saja saat mengelola akun trading ECN di broker octafx

    ReplyDelete